Legenda Tangkuban Perahu Bandung

by Mimah Amelia , at 23.17 , has 0 komentar
Di daerah Jawa Barat ada sebuah gunung yang cukup terkenal sebagai tempat rekreasi dan wisata alam. Gunung itu bernama Gunung Tangkuban Perahu. Dalam bahasa daerah sana, tangkuban berarti terbalik, sehingga Tangkuban Perahu berarti adalah perahu yang terbalik. Memang bila dilihat sekilas gunung ini terlihat seperti perahu yang terbalik. Dan menurut Legenda Tangkuban Perahu yang dipercaya oleh masyarakat sekitar asal usul gunung tersebut adalah memang perahu yang terbalik.

Sebuah Kisah Tentang Tangkuban Perahu
Legenda Tangkuban Perahu Bandung
Sumber : id.wikipedia.org
Dalam cerita Tangkuban Perahu tersebut, disebutlah seorang putri yang berparas cantik jelita, yang bernama Dayang Sumbi. Dayang Sumbi ini mewakili sesosok wanita idaman, cantik, cerdas, putri raja, dan tentunya berkuasa, satu sifat negatif dari sang putri, ia sangat manja. Suatu hari ketika sedang menenun, ia merasa lemas dan pusing, sehingga berkali – kali menjatuhkan benang pintalan. Hingga akhirnya ia merasa kesal dan bersumpah bahwa barang siapa yang membantunya mengambil benang itu akan ia nikahi. Datanglah seekor anjing sakit bernama Tumang yang mengambilkan benang tersebut, sehingga mau tak mau menikahlah ia denga anjing tersebut. Kemudian mereka memiliki anak yang diberi Sangkuriang.

Singkat cerita dayang sumbing diusir karena memukul Sangkuriang hingga pingsan. Karena sangkuriang tidak tahu telah membunuh ayahnya sendiri, yakni anjing tersebut. Setelah dewasa, sangkuriang pergi meninggalkan kerajaan dan bertemu dengan ibunya yang tidak ia kenali. Mereka saling jatuh cinta dan hendak menikah. Dayang sumbi, mengetahui bahwa sangkuriang adalah anaknya, sehingga ia berusaha mengagalkan pernikahan dengan cara menyuruh sangkuriang membuat perahu yang sangat besar. Dalam waktu satu malam. Sangkuriang yang sakti hampir berhasil melakukannya, namun ia marah karena Dayang Sumbi berdoa agar pagi cepat datang. Ia menendang perahu itu hingga terbalik, yang kemudian menjadi gunung tangkuban perahu. Seperti itulah Legenda Tangkuban Perahu yang dipercaya oleh masyarakat di lokasi wisata tersebut.
Mimah Amelia
About
Legenda Tangkuban Perahu Bandung - written by Mimah Amelia , published at 23.17, categorized as Sejarah . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Tangkuban Perahu
Theme designed by Damzaky - Powered by Blogger